Jasa Penyusunan Kajian Life Cycle Assessment Kegiatan

Kajian Life Cycle Assessment (LCA) adalah sebuah mekanisme untuk menganalisa dan memperhitungkan dampak lingkungan total dari suatu produk dalam setiap tahapan daur hidupnya. Alasan Perusahaan melakukan LCA untuk berbagai alasan yang berkaitan dengan pemahaman tentang dampak lingkungan dari produk atau layanannya selama seluruh siklus hidupnya, dari pengambilan bahan baku hingga pembuangan akhir.

Apa itu Life Cycle Assessment (LCA) ?

Life Cycle Assessment (LCA) merupakan suatu metode komprehensif untuk menilai dampak lingkungan dari produk selama siklus hidupnya, mulai dari pengambilan bahan baku, produksi, penggunaan, hingga pengelolaan akhir produk. Regulasi mengenai kewajiban untuk melakukan LCA dapat bervariasi tergantung pada negara dan jenis industri.

Di beberapa yurisdiksi, seperti di Uni Eropa, peraturan tertentu seperti Eco-design Directive (2009/125/EC) bisa mewajibkan pelaksanaan LCA untuk produk-produk tertentu. Ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja lingkungan dari produk sepanjang durasi hidupnya.

Alasan Menggunakan Kajian Life Cycle Assessment / LCA ?

  1. LCA sebagai bagian dari kegiatan perusahaan dalam memenuhi persyaratan PROPER
  2. Membantu perusahaan dalam Pengambilan Keputusan yang Berkelanjutan. End goalnya adalah perusahaan menemukan inovasi pada desain produk yang lebih efisien dan ramah lingkungan.
  3. More Profit karena Cost Reduction. LCA memahami setiap tahap siklus hidup produk sehingga dapat mengidentifikasi peluang untuk pengurangan biaya melalui pengurangan limbah, peningkatan efisiensi energi, dan penggunaan bahan mentah yang lebih sedikit atau lebih murah, sangat detail dan kami bisa membantu Anda untuk itu.
  4. Meningkatkan reputasi perusahaan karena ramah lingkungan. Perusahaan mengidentifikasi area di mana mereka dapat mengurangi dampak lingkungan mereka, seperti emisi gas rumah kaca, konsumsi air, polusi, dan degradasi habitat yang kemudian dipublikasikan ke stakeholder dan masyarakat
  5. Persiapan untuk Label Lingkungan dan Sertifikasi. Kita tahu LCA sering digunakan sebagai dasar untuk mengklaim lingkungan produk, termasuk label lingkungan dan sertifikasi seperti EPD (Environmental Product Declarations), termasuk carbon footprint
Lensa Lingkungan  Konversi Satuan dalam Pengukuran Gas

Pentingnya Life Cycle Assessment / LCA

Sementara di Indonesia, sebagai contoh, regulasi yang memandu pengelolaan lingkungan oleh perusahaan adalah program PROPER (Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan hidup) yang dijalankan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). PROPER tidak secara eksplisit mewajibkan perusahaan untuk melakukan LCA, tetapi menilai perusahaan berdasarkan pengelolaan lingkungannya yang bisa mencakup aspek-aspek yang terkait dengan LCA seperti pengelolaan limbah dan efisiensi sumber daya.

Oleh karena itu, perlu ditinjau lebih lanjut apakah ada peraturan khusus lain di sektor tertentu yang secara eksplisit mengharuskan perusahaan untuk melakukan LCA di Indonesia atau di wilayah hukum tempat perusahaan tersebut beroperasi. Hal ini juga bisa dipengaruhi oleh standar industri, persyaratan sertifikasi, dan kebijakan perusahaan itu sendiri yang mungkin menetapkan kepatuhan terhadap praktik-praktik berkelanjutan seperti LCA.

Membuat Kajian LCA Secara Cepat .

Kami Siap Membantu Anda dalam dalam Penyusunan Kajian LCA dengan tim yang profesional dan ahli dalam penerapan kajian. Hati-hati ini potensi kendala yang dihadapi Anda jika kajian dilakukan oleh tim yang kurang berpengalaman:

Terbatasnya Ketersediaan dan Kualitas Data

Mendapatkan data yang akurat dan relevan untuk setiap tahap siklus hidup produk bisa sangat menantang. Data yang tidak lengkap atau usang dapat mengurangi keakuratan penilaian.

Kerumitan Produk

Produk dengan banyak komponen atau proses manufaktur yang kompleks dapat mempersulit analisis LCA karena harus menilai dampak lingkungan dari banyak input dan proses yang berbeda.

Waktu, Sumber Daya dan Biaya

LCA membutuhkan investasi waktu dan biaya yang signifikan, yang mungkin tidak sesuai untuk perusahaan kecil atau menengah. Biaya meliputi pengumpulan data, penggunaan perangkat lunak LCA, dan tenaga kerja.

Lensa Lingkungan  Apa Itu Satuan Normal Pada Gas?

Perubahan dalam Regulasi

Regulasi lingkungan yang berubah-ubah dapat mempengaruhi asumsi yang digunakan dalam LCA dan mungkin membutuhkan peninjauan ulang LCA yang sudah ada.

Pengetahuan dan Keahlian

Mungkin ada kekurangan dalam pengetahuan teknis atau keahlian khusus yang diperlukan untuk melakukan LCA secara akurat. Kami dapat membantu Anda

Alat dan Perangkat Lunak LCA

Memilih dan menggunakan perangkat lunak LCA yang sesuai dapat menjadi penghalang, terutama jika perangkat lunak tersebut kompleks dan sulit digunakan tanpa pelatihan yang cukup.

Comparability dan Standardization

Menjaga kesesuaian standar dan metodologi agar hasil LCA dapat dibandingkan dengan LCA produk lain dapat menjadi tantangan, terutama di sektor industri yang tidak memiliki panduan yang jelas.

Bagaimana Kami Membantu?

Proses Cepat

Didukung dengan ahli yang berpengalaman di LCA Anda dapat menghemat waktu dan fokus pada hal lain, sementara kami menangani perhitungannya dengan akurat dengan data yang tepat.

Biaya Terjangkau

Hemat biaya, waktu, dan tenaga Anda dengan mempercayakan perhitungannya kepada kami. Kami menyediakan solusi yang efisien tanpa mengorbankan kualitas. Chat admin kami untuk info lebih lanjut

HP: +62 815-1578-8893 (Medy)

Apa saja yang Anda dapat?

Analisa menyeluruh

Setiap aspek, setiap proses dan tahapan, akan dianalisis dengan cermat untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang dampak produk Anda.

 Pelatihan dan konsultasi langsung

Kami hadir untuk menjawab pertanyaan Anda dan memandu Anda langkah demi langkah.

 Dukungan langsung dari ahli

Anda mendapatkan dukungan langsung dari para ahli yang berpengalaman dalam bidang perhitungan emisi dan keberlanjutan.

Chat Kami
Butuh info lebih? Kontak kami
Halo 👋
kami adalah konsultan lingkungan, apakah ada yang bisa dibantu?