Menghitung Beban Emisi dari sebuah Continuous Emission Monitoring System (CEMS) perusahaan

Suatu ketika saya pernah ditanya dan diajak diskusi dari seseorang di kementerian lingkungan mengenai hasil CEMS perusahaan yang diberikan untuk direview. Pertanyaannya saat itu adalah, apakah ada keanehan terkait datanya? apakah ada keanehan terkait data konsentrasinya? dengan konsentrasi, suhu, dan oksigen terkonsentrasi seperti pada data, berapakah beban emisinya?

Tentu saja hal-hal tersebut perlu pengecekan data dan bahkan memerlukan perhitungan sebelum memberikan penilaian. Namun demikian, hal tersebut mendasari saya dan tim (Daniar Rahmasari) untuk membuat sheet sederhana menghitung beban emisi beberapa polutan seperti SO2, NO2, dan CO, jika diketahui info konsentrasi serta oksigen terkoreksi dari hasil CEMS.

Ada dua file yang bisa diunduh, file pertama adalah file ppt (dalam bentuk pdf, 360 KB), sebagai berikut (klik kanan, Save as):

Emission Load Calculation Tool

File ini adalah panduan dalam bentuk contoh soal menghitung beban emisi. Kami buat sedetail mungkin, dengan acuan yang bisa dengan mudah didapatkan di internet, kami cantumkan url nya. Jika ada url yang sudah obsolete, silakan kontak kami untuk perbaikan file tsb. Kami sampaikan perhitungan langkah demi langkah hingga akhirnya mendapatkan beban emisi (gr/det) tiap polutan.

Outline perhitungannya antara lain:

  1. Menghitung Beban Emisi per Jam dari Data Konsentrasi
  2. Menghitung Emission Factors dari Heat Input
  3. Menghitung laju alir gas pada cerobong

File kedua adalah excel (90KB), berupa interface perhitungan beban emisi. User hanya perlu menginputkan data pada kotak berwarna hijau, yaitu O2 terkoreksi, suhu, fuel rate, serta konsentrasi tiap polutan. Perhitungan mencakup penggunaan fuel yang umum digunakan adalah wood, biomassa, coal, natural gas, serta fuel oil.

Interface Menghitung Beban Emisi

Lensa Lingkungan  Inventarisasi Gas Rumah Kaca: Pedoman Umum dan Pelaporan

Semoga bermanfaat, jika ada saran masuk, pertanyaan atau diskusi silakan menghubungi kami. Terima kasih

Arie Dipareza Syafei
Daniar Rahmasari

Chat Kami
Butuh info lebih? Kontak kami
Halo 👋
kami adalah konsultan lingkungan, apakah ada yang bisa dibantu?